Jakarta, Juli 2010
Perihal : Permohonan Kerja Praktek
Kepada Yth,
Kepala Bagian Personalia
PT.
Di Tempat
Dengan Hormat,
Sehubungan dengan pemenuhan Stadium General dan penyelesaian studi mahasiswa tingkat akhir pada Akademi Pimpinan Perusahaan Kementerian Perindustrian RI, saya yang bertanda tangan di bawah ini :
Nama :
NIM :
Program Studi :
Alamat :
Telepon :
Bermaksud mengajukan permohonan untuk melaksanakan kerja praktek di perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin. Adapun maksud dari pelaksanaan kerja praktek ini adalah agar mahasiswa dapat memahami secara lebih nyata kegiatan-kegiatan dunia usaha/ industri dan juga sebagai bahan untuk menyusun karya akhir / skripsi.
Demikian surat permohonan ini saya sampaikan. Besar harapan saya untuk diterima di perusahaan yang Bapak / Ibu pimpin. Atas perhatian dan kebijaksanaan Bapak/ Ibu saya ucapkan terima kasih.
Hormat Saya,
PROPOSAL KERJA PRAKTEK
(On The Job Training Proposal)
I. Latar Belakang
Akademi Pimpinan Perusahaan adalah sebuah institusi perguruan tinggi yang menyelenggarakan program pendidikan tiga tahun (Diploma III) yang bertujuan untuk mempersiapkan tenaga-tenaga Ahli Madya perusahaan sesuai dengan bidang kejuruan yang umumnya terdapat dalam perusahaan yaitu :
1. Bidang Manajemen Personalia
2. Bidang Manajemen Produksi
3. Bidang Manajemen Pemasaran
4. Bidang Manajemen Keuangan
5. Bidang Manajemen Perdagangan Internasional
Untuk mempersiapkan tenaga-tenaga yang siap pakai di bidang manajemen industri, Akademi Pimpinan Perusahaan mewajibkan para mahasiswa/i-nya yang akan menyelesaikan studi untuk melaksanakan kerja praktek, dengan tujuan memahami secara realita kegiatan usaha dan dapat merealisasikan ilmu-ilmu yang telah didapat dibangku kuliah dalam kenyataan sebenarnya pada perusahaan sehingga dapat menambah wawasan serta meningkatkan keterampilan bagi mahasiswanya.
Kerja praktek ini dimaksudkan sebagai studi perbandingan yaitu kegiatan mengamati, melihat langsung, mempraktekan kegiatan dalam perusahaan disertai pengumpulan data yang berhubungan dengan kelima bidang yang telah disebutkan diatas, dengan memprioritaskan pada Manajemen Pemasaran.
II. Tujuan Kerja Praktek
Pelaksanaan Kerja Praktek ini bertujuan untuk :
v Memenuhi persyaratan Stadium General bagi setiap mahasiswa Akademi Pimpinan Perusahaan yang wajib untuk dilakukan.
v Mempelajari, memahami, dan mengembangkan wawasan dalam manajemen perusahaan khususnya Manajemen Pemasaran.
v Memberikan gambaran nyata, mengetahui seberapa jauh kesesuaian dan kesepadanan (Link and Match) antara materi selama perkuliahan dengan realita kehidupan didalam dunia usaha industri serta agar mahasiswa mampu mengaplikasikan materi tersebut.
v Mendekatkan hubungan antara perguruan tinggi dengan masyarakat dan dunia kerja agar pendidikan sejalan dengan tuntutan pembangunan di berbagai bidang.
v Melakukan penelitian lapangan guna menggali penemuan baru mengenai aplikasi pengetahuan dan teknologi dalam dunia usaha sebagai rujukan wawasan dalam menyusun tugas akhir nanti.
v Memenuhi persyaratan kelulusan Diploma III pada Akademi Pimpinan Perusahaan.
III. Waktu Pelaksanaan Kerja Praktek
Waktu pelaksanaan kerja praktek yang diwajibkan oleh pihak Akademi Pimpinan Perusahaan yaitu selama satu bulan atau lebih (rentang waktu Maret – Mei 2010, disesuaikan dengan waktu yang tersedia. Sesuai dengan jadwal masa kuliah semester VI.
IV. Topik
Topik dari kegiatan kerja praktek ini adalah
V. Laporan Kerja Praktek
Hasil yang diperoleh selama pelaksanaan Kerja Praktek akan dibuat dalam bentuk laporan tertulis.
VI. Pelaksana
Pelaksana kegiatan Praktek Kerja Lapangan ini adalah :
Nama :
NIM :
Tingkat/Semester : III/VI
Program Studi : Manajemen Pemasaran
Akademi Pimpinan perusahaan
Kementerian Perindustrian R.I.
VII. Penutup
Demikian proposal kerja praktek (on the job training proposal) ini dibuat, sebagai pertimbangan bagi pihak institusi yang akan memberikan tempat untuk melakukan kerja praktek tersebut dan sebagai media komunikasi dalam rangka menjalin bentuk kemitraan antara komunitas Perguruan Tinggi dengan Perusahaan Industri dan Perdagangan dalam membantu proses mencetak sumber daya manusia Indonesia yang profesional dan berdaya saing tinggi.
Diharapkan melalui kerja praktek ini banyak hal-hal yang bermanfaat yang dapat diambil dan tujuan-tujuan dari kerja praktek ini dapat tercapai, dan itu semua dapat terwujud dengan bantuan dan dukungan dari semua pihak yang terkait sehingga kegiatan kerja praktek ini terlaksana dengan baik dan lancar.
Oleh karena itu, besar harapan saya apabila Bapak/Ibu menerima permohonan saya untuk melaksanakan kerja praktek di perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin dan mendapat bimbingan, arahan serta bantuan dari semua pihak dari awal hingga akhir. Atas segala bantuan dan kerjasamanya saya ucapkan terima kasih.
Penyusun,
DAFTAR RIWAYAT HIDUP
Yang bertanda tangan dibawah ini :
Nama :
TTL :
Kewarganegaraan :
Agama :
Alamat` :
Pendidikan Terakhir : Akademi Pimpinan Perusahaan (APP)
Jurusan Manajemen
Pemasaran semester VI ( dalam Penyelesaian Tugas Akhir )
No.Tlpn :
Email :
Menerangkan dengan sesungguhnya :
PENDIDIKAN FORMAL : SD Negeri ( )
SMP ()
Akademi Pimpinan Perusahaan (2007 – Sekarang)
PENDIDIKAN NON FORMAL : - Pelatihan Achievement Motivation Training (2007)
PENGALAMAN ORGANISASI :
Demikian surat riwayat hidup ini saya buat dengan sebenar-benarnya.
OUTLINE KARYA AKHIR
misal : STRATEGI SEGMENTASI PASAR
PADA PRODUK SUSU PT INDOLAKTO
LEMBAR PENGESAHAN
KATA PENGANTAR
DAFTAR ISI
BAB I PENDAHULUAN
A. Alasan Pemilihan Judul
B. Rumusan Masalah
C. Maksud dan Tujuan Penelitian
D. Metodologi Penelitian
E. Sistematika Penulisan
BAB II LANDASAN TEORI
A. Pengertian dan Tujuan Segmentasi Pasar
B. Peranan Segmentasi Pasar Terhadap Perusahaan
C. Faktor yang Mempengaruhi Segmentasi Pasar
BAB III KONDISI
A. Sejarah Singkat dan Perkembangan Perusahaan
B. Manajemen dan Organisasi Perusahaan
C. Fungsi Sosial dan Ekonomi
D. Tinjauan Umum Perusahaan
1. Aspek Personalia
2. Aspek Produksi
3. Aspek Pemasaran
4. Aspek Keuangan
BAB IV ANALISA MASALAH DAN PEMECAHAN
A. Segmentasi Pasar yang Dilakukan oleh PT. INDOLAKTO
B. Kendala yang Dihadapi oleh PT. INDOLAKTO
C. Analisis Masalah dan Pemecahan Masalah
BAB V PENUTUP
A. Kesimpulan
B. Saran
Mengetahui,
Ka. Prodi Manajemen Pemasaran Jakarta , 9 Maret 2010
Akademi Pimpinan Perusahaan Penyusun
Bpk. Faisal H. Batubara, SE, M.Si
NIP. 090021651
Tidak ada komentar:
Posting Komentar