Senin, 31 Januari 2011

Liverpool to Tokyo

Liverpool to Tokyo
There are 10 point guide to doing export bussines in Japan.
1st. Language. To doing export with other country ofcourse we must prepare about Language well. Because as we knew, every country has their own language. And in Japan, they will more appreciate if you can speak Japanese than if we use english. So, be prepare about this and may be we can ask someone interpreter who can explain Japanese tradition and custom.
2nd. Personal contact. I think this is the most important when we will doing business. This is more important than trading on price. Its about relationship. If we has a personal contact with the senoir level in a company- especially japan company, so your business will easy flow. Cause usually japanese people not only think or doing business by/ about price but “trust” as a relation. So we must make and keep a personal contact with the senior level.
3rd. patience. Everythings has some steps. For the First we doing business offcourse it’ll need time untill the consumer or customer know- like- and use our products or services. So be patience!
4th. Middlemen. Avoid middleman so as to speed delivery. We must select the agen who was able to give faster service by minimizing the length of its distribution chain and its can minimizing the cost.
5th. Currency. As we knew, every country has their own currency. So we must ensure that our bank should be able to help us. If it can’t offcourse we must change banks.
6th. Dialect, climate, culture. Offcourse theres different dialect, climate and cultur among a country and the other. So we must prepare everythings of its. For example in japan theres 4 season but in Indonesia just 2 season. So if we wanna doing business with japan when winter, we must prepare everythings such as clothes, coat, gloves etc. Besides it offcourse we must prepare different business strategy because therse different culture in every places.
7th. Country of origin. Its about how we explore and we proud with our culture and the country of origin product. For example its handycraft from Tasikmalaya likes kelom geulis, payung kertas, etc. When we proud of its so we introduce and sell it to other country and so it can increase our devisa income.
8th. Meals. Cause every country has different culture and its included how they eat and what their favourite food. We must develope our intuition to understand what they like and dislike food. For example Japanese people not usually eat big meals or too much meat, but there a politeness to expressing dislike and disagreement.
9th. Customer visit. When we’ll visit our business relation or when our business relation visit us, we should be well supervised from arrival to departure with an interpreter provide all times.
10th. Gifts. The Japanese enjoy giving and receiving gifts. Its not about what we give or the price of it. But they will more excited and appreciate when we give some souvenir.



                                                                                                            Written by :
                                                                                                            Evi Aprilia
                                                                                                            2008.5.17808
                                                                                                            PI-A









Translate/ terjemahan
Ada 10 hal yang menjadi pedoman untuk melakukan bisnis dengan orang Jepang.
1.             Bahasa
Untuk melakukan bisnis ekspor- impor dengan negara Jepang tentu saja kita harus mempersiapkan diri untuk menguasai atau mengerti bahasa mereka. Karena seperti yang kita tahu bahwa setiap negara memiliki bahasa masing- masing. Dan orang Jepang akan lebih senang dan antusias jika kita berbisnis dengan menggunakan bahasa mereka dibanding mereka harus berkomunikasi dengan kita menggunakan bahasa inggris. Jadi sebelum melakukan bisnis dengan orang jepang kita harus mempersiapkan seorang penerjemah jika kita tidak bisa berbahasa Jepang yang akan menjelaskan tentang tradisi dan kebiasaan/ budaya orang Jepang.
2.             Personal kontak
Saya  pikir ini adalah langkah yang paling penting ketika kita akan melakukan bisnis. Hal ini lebih penting dibanding dengan penetapan harga jual produk misalnya. Karena hal ini berkaitan dengan hubungan baik antara kita dengan pejabat di suatu perusahaan- khususnya perusahaan Jepang. Karena orang jepang biasanya melakukan bisnis tidak hanya memperhitungkan aspek harga namun juga berdasarkan “kepercayaan” sebagai relasi. Jadi jika kita telah memiliki kontak/ hubungan dengan seorang yang berpengaruh di suatu perusahaan, otomatis bisnis kita akan berjalan lancar.
3.             Kesabaran
Segala sesuatu selalu memiliki tahapan- tahapan tertentu. Begitu juga dengan bisnis. Untuk pertama kali kita melakukan bisnis tentu saja tidak akan langsung lancar, pasti memerlukan waktu sampai pelanggan tahu- suka dan akhirnya menggunakan produk kita. Jadi diperlukan kesabaran untuk kita menjalani setiap tahapan/ proses dalam bisnis sampai kita mencapai kesuksesan yang di inginkan.
4.             Middlemen
Maksudnya adalah kita harus memilih agen yang akan bekerja sama dengan kita. Harus dipastikan bahwa agen tersebut telah berpengalaman dan dapat memberikan layanan yang cepat sehingga dapat meminimalkan jalur distribusi yang tentu juga akan meminimalkan biaya.
5.             Mata uang
Sebelum melakukan bisnis dengan negara asing, harus dipastikan bahwa bank yang kita gunakan dapat membantu kita dalam menyesuaikan perbedaan mata uang ini. Jika tidak, tentu saja kita harus segera mengganti bank.
6.             Dalek, iklim dan budaya
Tentu saja ada perbedaan dialek, iklim dan budaya di setiap tempat. Di jepang saja misalnya terdapat perbedaan antara ialek, iklim dan budaya do Osaka dengan Tokyo. Untuk itu kita harus mempersiapkan segala sesuatunya sebelum melakukan bisnis termasuk strategi dalam berbisnis. Karena beda budaya dan kebiasaan tentu berbedaq pula cara kita menghadapi mereka.
7.             Produk asli atau produk khas negara
Ini berkaitan dengan bagaiman kita meng-aksplor produk hasil budaya dan ciri khas negara kita sebagai implementasi dari rasa bangga kita terhadap produk sendiri. Ketika kita menjual produk asli negara kita, hal ini akan meningkatkan citera negara dan tentu saja menambah pemasukan devisa negara.
8.             Makanan
Karena tiap negara memiliki budaya yang berbeda, termasuk perbedaan dalam cara makan- apa yang biasa mereka makan. Contohnya mereka tidak suka makanan- makanan berat dan lebih suka makanan laut. Tapi mereka juga biasanya enggan mengungkapkan ketidaksukaannya terhadap sesuatu. Maka Dalam hal ini kita harus bisa bisa memahami apa yang mereka suka dan tidak suka.
9.             Kunjungan pelanggan
Ketika relasi kita- orang jepang berkunjung ke negara kita, maka kita harus menyiapkan pelayanan/ jamuan yang baik mulai dari kedatangan sampai kepulangan mereka seperti menyiapkan penerjemah yang akan selalu mendampingi mereka.
10.         Hadiah
Orang- orang Jepang biasanya senang bertukar hadiah sebagai kenang- kenangan. Mereka tidak memandang apa yang kita beri dari segi harga, namun mereka memandangnya sebagai ungkapan/ apresiasi kita terhadap mereka.


                                                                                       Disusun oleh :
                                                                                                Evi Aprilia
                                                                                                2008.5.17808
                                                                                                PI-A

Tidak ada komentar:

Posting Komentar